Anggota DPR Ini Ungkap 3 Langkah Memecahkan Persoalan BBM Subsidi, Simak ya

Anggota DPR Ini Ungkap 3 Langkah Memecahkan Persoalan BBM Subsidi, Simak ya
Anggota Komisi XI DPR RI Melchias Markus Mekeng menjelaskan tiga langkah memecahkan persoalan BBM subsidi. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI Melchias Markus Mekeng mengungkap tiga langkah menata kebijakan bahan bakar minyak (BBM).

Langkah itu menjadi bagian dari memecahkan persoalan BBM subsidi yang sampai sekarang belum diselesaikan secara tuntas.

“Pertama, perlu upaya luar biasa menata kebijakan pada aspek efisiensi biaya pengolahan, distribusi, pemeliharaan, dan lain-lain yang dilakukan Pertamina. PT Pertamina (Persero) sebagai BUMN yang terkait langsung dengan persoalan BBM harus mampu melakukan upaya luar biasa ini," kata Mekeng di Jakarta, Kamis (15/9).

Kedua menurut dia, perlu langkah penataan kebijakan, sistem yang ketat, dan hati-hati dengan pendekatan teknologi informasi.

Langkah itu dilakukan untuk menyelesaikan persoalan ketepatan dalam memberikan subsidi BBM kepada masyarakat atau kelompok yang berhak menerimanya.

"Itu harus segera dilakukan agar alasan klasik soal distribusi subsidi dan penyaluran subsidi BBM di Indonesia yang tidak tepat sasaran bisa segera diakhiri," ujarnya.

Dia menjelaskan, sejak 2010 sampai sekarang, persoalan penerima subsidi BBM yang tidak tepat sasaran selalu menjadi isu yang diangkat politisi, pengamat kebijakan publik, dan lain-lain.

Menurut dia, hingga saat ini, dalil klasik tersebut masih menjadi perbincangan seolah-olah bangsa Indonesia tidak memiliki kemampuan untuk menyelesaikannya.

Anggota Komisi XI DPR RI Melchias Markus Mekeng mengungkap tiga langkah menata kebijakan bahan bakar minyak (BBM)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News