Anggota DPR Soroti Rencana Pelabelan BPA pada AMDK Galon, Simak

Anggota DPR Soroti Rencana Pelabelan BPA pada AMDK Galon, Simak
Anggota Komisi IV DPR RI sekaligus Ketua DPP PKB Daniel Johan soroti rencana pelabelan BPA galon. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ramai-ramai mengingatkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI terkait rencana menerbitkan Peraturan Pelabelan Bisfenol A (BPA) pada produk air minum dalam kemasan (AMDK) galon.

Apa lagi, penerbitan peraturan tersebut diduga bernuansa persaingan dagang. Selain tidak berkoordinasi dengan Komisi IX DPR RI selaku mitra kerja BPOM RI, dampak dari penerbitan aturan yang akan mewajibkan pelabelan BPA AMDK galon guna ulang berbahan polikarbonat (PC) itu juga berdampak bagi lingkungan.

“Harus ada kajian mendalam dari BPOM karena kemasan air minum sekali pakai menimbulkan limbah plastik yang tidak terkendali,” kata anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan dalam keterangan pers pada Sabtu (30/7/2022).

Menurut Daniel yang juga politikus PKB ini, rencana revisi Peraturan BPOM Nomor 31 Tahun 2018 Tentang Label dan Pangan Olahan, khusus pada aturan label berisiko mengandung BPA pada galon berbahan polikarbonat harus dikoordinasikan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Dia menilai koordinasi ini penting dilakukan agar nantinya dilakukan kajian secara mendalam terhadap dampak lingkungan, khususnya dari sisi sampah plastik galon sekali pakai dari rencana kebijakan BPOM.

“KLHK harus melakukan koordinasi dengan BPOM dalam hal memberikan kajian terhadap dampak lingkungan dari kemasan air galon sekali pakai,” ujar Daniel Johan.

Soal dampak lingkungan ini, lanjut anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Barat I (Dapil Kalbar I), BPOM dan KLHK harus diutamakan dari kepentingan bisnis yang diduga melatarbelakangi rencana kebijakan BPOM.

“Soal lingkungan harus prioritas utama di atas kepentingan bisnis,” tegas Daniel. 

Daniel Johan DPR mengatakan harus ada kajian mendalam dari BPOM karena kemasan air minum sekali pakai menimbulkan limbah plastik yang tak terkendali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News