Anggota Fraksi Nasdem: Pak Jokowi, Pemda Harus Dipersiapkan Menghadapi Virus Corona

Anggota Fraksi Nasdem: Pak Jokowi, Pemda Harus Dipersiapkan Menghadapi Virus Corona
Anggota DPR RI Martin Manurung. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Fraksi Nasdem DPR RI, Martin Manurung meminta pemerintah segera menyosialisasikan standar penanganan virus Corona (Covid-19) hingga jajaran pemerintahan terbawah di daerah.

Bila memperhatikan kondisi saat ini, kata Martin, Presiden Jokowi harus menginstruksikan jajarannya untuk menyiapkan modul sosialisasi dan memberikannya ke jajaran kepala daerah guna pencegahan dan penanganan virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut.

“Semua persiapan harus sesuai standar. Para kepala daerah harus mengetahuinya sehingga mereka bisa menyosialisasikannya hingga ke tingkat desa. Sekaligus fasilitas-fasilitas kesehatan yang sesuai standar harus disiapkan di daerah secara berjenjang sampai rujukan nasional,” kata Martin di Jakarta, Kamis (12/3).

Jumlah korban terinfeksi virus Corona di Indonesia terus meningkat sejak Covid-19 dinyatakan telah masuk ke Indonesia. Untuk mempersempit penyebarannya, Martin meminta pemerintah memperbanyak fasilitas penanganan kesehatan, baik tenaga medis maupun ruang penanganannya.

Untuk menghindari penambahan virus bawaan baru, ketua DPP Partai NasDem bidang Hubungan Luar Negeri ini juga meminta pemerintah membatasi keluar masuknya manusia dari dan menuju negara-negara yang tinggi infeksi Corona-nya.

“Dalam jangka pendek memang pembatasan itu akan berdampak bagi industri penerbangan dan Bandara. Tetapi, pada saat ini hal itu tidak terelakkan," tandas Wakil Ketua Komisi VI DPR ini. (fat/jpnn)

Untuk mempersempit penyebarannya, Martin meminta pemerintah memperbanyak fasilitas penanganan kesehatan, baik tenaga medis maupun ruang penanganannya.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News