Anggota KKB Kali Kopi Pimpinan Joni Botak Tewas

Anggota KKB Kali Kopi Pimpinan Joni Botak Tewas
Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata. Foto: ANTARA/Evarianus Supar

jpnn.com, TIMIKA - Seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dari Kelompok Kali Kopi pimpinan Joni Botak tertembak saat terjadi kontak tembak dengan aparat di Mile 53, Mimika, Papua pada Minggu (28/2) pagi.

"Informasi dari lapangan yang kami dapatkan, saat kontak tembak terjadi, satu anggota KKB terkena, beberapa lainnya tertembak di kaki. Namun mengingat lokasinya berjauhan yaitu di seberang kali, maka saat ini anggota kami lagi berupaya untuk mencapai ke lokasi itu," kata Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata, di Timika, Senin (1/3).

Kapolres Mimika menjelaskan bahwa pada Minggu (28/2) pagi patroli keamanan area PT Freeport Indonesia di sekitar Mile 53 ditembaki oleh KKB menggunakan senjata api jenis M-16 dan AK-47 dan terlihat beberapa orang yang diperkirakan berjumlah sekitar lima sampai enam.

"Mendapat serangan dari KKB, anggota melakukan tembakan balasan secara terarah," jelasnya.

Menurut kapolres, tindakan tegas terhadap KKB tersebut semata-mata untuk mencegah jangan sampai kelompok bersenjata itu kembali mengganggu keamanan di area PT Freeport Indonesia.

"Kami tentunya akan melakukan tindakan tegas dan terukur, jangan sampai mereka masuk lagi ke area PT Freeport untuk mengganggu situasi keamanan. Masyarakat tidak perlu khawatir ini murni antara kami aparat keamanan dengan KKB. Lokasinya pun jauh di tengah hutan belantara sana," ujar AKBP Era Adhinata.

Kapolres Mimika memastikan KKB yang terlibat kontak tembak dengan aparat keamanan tersebut merupakan Kelompok Kali Kopi pimpinan Joni Botak.

"Itu dari kelompok Joni Botak," jelas AKBP Era Adhinata. (antara/jpnn)

Baku tembak antara anggota Polri-TNI dengan KKB Papua kembali terjadi. Seorang anggota Kelompok Kali Kopi pimpinan Joni Botak tewas.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News