Anggota Komisi VII ini Soroti Penanganan Kebakaran Tangki di Kilang Balongan

Anggota Komisi VII ini Soroti Penanganan Kebakaran Tangki di Kilang Balongan
Tampak Kilang minyak PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) VI Balongan, Kabupaten Indramayu alami kebakaran hebat, Senin (29/3) dini hari. Foto: Instagram/indramayuinfo

jpnn.com, INDRAMAYU - Anggota Komisi VII DPR HM Ridwan Hisjam menilai upaya Pertamina dalam menangani kebakaran tangki di Kilang Balongan sudah tepat.

Termasuk saat perseroan melakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran.

“Apa yang dilakukan Pertamina sudah baik, cepat, dan sangat tepat. Sudah sesuai Standard Operating Procedure (SOP),” kata Ridwan, Senin (29/3).

Menurut dia, kesigapan Pertamina tidak hanya dalam penanganan kebakaran, namun juga terkait langkah-langkah menyelamatkan warga.

Pertamina telah menyiapkan tempat pengungsian di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendomo Kabupaten Indramayu, serta melakukan pemblokiran jalan di sekitar wilayah kejadian.

“Jadi, memang sesuai dengan standar kedaruratan, dalam hal ini kilang sebagai objek vital. Tentu saja, dengan dibantu aparat, termasuk TNI dan Polri,” ujar Ridwan.

Meski begitu Ridwan juga mengingatkan Pertamina harus menggerakkan distribusi agar jangan sampai ada pengurangan pasokan.

Sebagai antisipasi, Ridwan berharap Pertamina melakukan evaluasi teknis terhadap sistem keamanan kilang.

Pertamina akan menyuplai kebutuhan bahan bakar masyarakat dari sejumlah kilang dan terminal BBM.