Angin Kencang dan Potensi Puting Beliung Sampai Februari

Angin Kencang dan Potensi Puting Beliung Sampai Februari
Prakiraan cuaca dari BMKG. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, TUBAN - Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mengimbau masyarakat berhati-hati dengan adanya dampak dari siklon tropis pabuk.

Kondisi ini memicu terjadinya gelombang tinggi dan hujan lebat disertai angin kencang yang akan terjadi di daerah Jawa Timur.

"Khususnya di wilayah Tuban. Hujan lebat disertai angin kencang, berpotensi terjadi hingga masuk pada puncaknya di Februari 2019," ujar prakirawan BMKG Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Nindya Kirana.

Menurutnya gelombang tinggi antara satu setengah meter hingga 2 meter tersebut, disertai dengan kecepatan angin hingga 25 knot.

"Untuk mengurangi resiko yang terjadi, bagi penguna jasa laut maupun nelayan diimbau untuk selalu memerhatikan kondisi cuaca, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," jelas Nindya.

Pantauan BMKG Tuban, angin kencang dan hujan deras masih akan terjadi hingga masuk pada puncaknya pada Februari 2019, dan pada saat masa peralihan nantinya di akhir Februari hingga Maret 2019.

"Itu masuk pada cuaca ekstrem yang berpotensi, terjadi angin kencang hingga puting beliung," imbuhnya.

Untuk Tuban, ada beberapa daerah kecamatan masih memiliki potensi hujan lebat disertai angin kencang. Seperti Kecamatan Grabagan, Tambakboyo, Parengan, Montong, dan Widang. Untuk itu masyarakat diharapkan waspada.

Hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi hingga masuk pada puncaknya di Februari 2019

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News