Angin Segar Perekonomian dari Luhut Binsar Bikin Adem, Alhamdulillah

Angin Segar Perekonomian dari Luhut Binsar Bikin Adem, Alhamdulillah
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan angin segar soal perekonomian Indonesia. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku optimistis ekonomi Indonesia bisa tumbuh sekitar enam persen.

"Semua ini masalahnya efisiensi dan kalau kita semua kerja holistik terpadu, saya yakin akan bisa dilakukan dengan baik," ucap Menko Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara Pelaporan SPT Tahunan Oleh Pejabat Negara di Jakarta, Selasa (8/3).

Luhut Binsar membeberkan efisiensi saat ini telah dilakukan oleh berbagai Kementerian/Lembaga (K/L).

Dia mencontohkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan efisiensi melalui Sistem Informasi Mineral dan Batu bara Antar Kementerian/Lembaga (SIMBARA).

"Lalu, pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan pajak melalui e-filing," tegasnya.

Eks Menkopolhukam itu menilai SIMBARA akan membuat ekonomi domestik dan keuangan negara semakin baik, karena akan hampir tidak ada lagi penyalahgunaan informasi mineral dan batu bara.

Selama ini, kata dia, masih terdapat banyak laporan komoditas mineral yang tidak sesuai.

Menurutnya, SIMBARA membuat data diverifikasi lebih baik.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan angin segar soal perekonomian Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News