Angin Surga dari Luhut Binsar soal Ekonomi Indonesia, Adem Banget

Angin Surga dari Luhut Binsar soal Ekonomi Indonesia, Adem Banget
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meramalkan Indonesia bisa menjadi kekuatan ekonomi baru. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meramalkan Indonesia bisa menjadi kekuatan ekonomi baru dalam lima tahun.

Bahkan, kata Luhut Binsar, Indonesia mampu menyusul negara China dan India.

"Asal kita betul konsisten," ujar Luhut dalam paparan di acara Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Internal (Rakornas Wasin) BPKP di Jakarta, Rabu (14/6).

Menurut Luhut, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) berperan besar untuk melakukan pengawasan di seluruh kementerian/lembaga/daerah (K/L/D).

"Sehingga kita semua berjalan dalam koridor aturan main yang baik, sehingga juga akan mengurangi kemungkinan korupsi di sana- sini," ujar Luhut.

Optimisme eks Menko Polhukam itu berkaca dari nasib industrial policy yang juga mulai berkembang, terlihat dari proteksionisme yang dilakukan negara-negara berkembang saat ini, yang dulunya sempat dilakukan oleh negara-negara maju.

Selain itu, lanjutnya, juga banyak perusahaan yang semakin bersiap untuk memitigasi concentration risk dan dampak dari potensi area konflik.

Luhut menjelaskan China dan India bisa menjadi kekuatan ekonomi baru, karena kedua negara tersebut meningkatkan anggaran pertahanan, serta memanfaatkan ukuran ekonomi mereka yang semakin membesar untuk mengarahkan kebijakan luar negeri, sesuai dengan kepentingan domestik.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meramalkan Indonesia bisa menjadi kekuatan ekonomi baru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News