Luhut Binsar Sebut Pengembangan Kendaraan Listrik Tak Akan Selesai dalam 1 Presiden

Luhut Binsar Sebut Pengembangan Kendaraan Listrik Tak Akan Selesai dalam 1 Presiden
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia harus dilakukan secara berkesinambungan. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia harus dilakukan secara berkesinambungan.

Dia menyebut pengembangan ekosistem kendaraan listrik tidak bisa selesai hanya dengan kepemimpinan satu presiden.

"Jadi, negara ini sama-sama atur buat lebih efisien. Itu yang penting, kemajuan. Sekali lagi, ini nggak bisa selesai dengan satu presiden, bisa beberapa presiden. Yang penting, koridor pelihara bersama. Jangan hanya mimpi, tetapi harus lakukan perubahan sana-sini," kata Menko Luhut di sela acara peluncuran purwarupa Battery Asset Management Services (BAMS) yang merupakan kolaborasi pihak Indonesia Battery Corporation (IBC) dengan konsorsium kendaraan listrik roda dua di Jakarta, Senin malam.

Dia mengingatkan bahwa pemerintah telah memulai berbagai program termasuk elektrifikasi kendaraan.

Saat ini meluncurkan program bantuan untuk masyarakat yang bertujuan mempercepat adopsi kendaraan listrik.

Dia lantas mencontohkan pentingnya membangun ekosistem kendaraan listrik, salah satunya lewat investasi baru industri aluminium di Jawa Timur yang membutuhkan pasokan energi sebesar 4 gigawatt.

Sementara Indonesia, kata Luhut, memiliki 437 gigawatt potensial dari clean atau green energy. Saat ini ini masih kelebihan sebesar 5,2 gigawatt.

"PLN pasti akan lebih sehat. Bayangkan, tahun lalu kami pusing karena PLN mesti bayar subsidi Rp 47 triliun dari kelebihan 5,2 gigawatt. Kalau kelebihan ini habis dan kami ambil, akan menghemat 47 triliun," ungkapnya.

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia harus dilakukan secara berkesinambungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News