Angka Golput Pilkada Kabupaten Brebes Hampir 50 Persen

Angka Golput Pilkada Kabupaten Brebes Hampir 50 Persen
Warga menggunakan hak pilihnya di pilkada 15 Februari 2017. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes Muamar Riza Pahlevi mengatakan, tingkat partisipasi pemilih dalam pilkada tak memenuhi target yang sudah ditetapkan. Partisipasi pemilih sebanyak 55,4 persen dari DPT.

"Ini memang jauh dari target yang kita harapkan," kata Riza seperti diberitakan radartegal.com.

Menurutnya, banyak faktor yang menyebabkan rendahnya partisipasi warga di Kabupaten Brebes. Salah satunya adalah banyaknya warga yang merantau ke luar daerah.

"Perkiraan jumlah warga yang merantau mencapai 20-30 persen dari yang masuk dalam DPT. Sebelum pencoblosan saja, jumlah C6 (surat undangan memilih, red) yang dikembalikan sebanyak 277.502. Ini kebanyakan warga yang merantau," katanya.

Riza menegaskan, KPU Brebes sudah berupaya maksimal dalam mensosialisasikan tahapan-tahapan pilkada. Sosialisasi digelar sampai ke tingkat desa atau kelurahan.

"Semua kembali lagi ke warga. Mereka punya hak datang atau tidak datang karena memilih ini kan tidak wajib," ujarnya.(muj/zul)


 Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes Muamar Riza Pahlevi mengatakan, tingkat partisipasi pemilih dalam pilkada tak memenuhi target


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News