Angka Kematian Anak Gara-Gara Covid-19 Menggila, Lisda Hendrajoni: Ini Ancaman Serius

Angka Kematian Anak Gara-Gara Covid-19 Menggila, Lisda Hendrajoni: Ini Ancaman Serius
Lisda Hendrajoni. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni prihatin mendengar makin meningkatnya angka kematian anak akibat Covid-19 di Indonesia.

Menurut data IDAI, satu dari delapan kasus konfirmasi Covid-19 adalah anak-anak.

Data IDAI juga menunjukkan case mortality (tingkat kematian) mencapai tiga sampai lima persen, terbilang tertinggi di dunia.

“Ini sungguh mengkhawatirkan karena benar-benar mengancam keselamatan anak-anak. Pemerintah dan para pemangku kepentingan harus membaca angka-angka tersebut sebagai ancaman serius,” ujar anggota Komisi VIII tersebut, Kamis (24/6).

“Fokus pemerintah saat ini pada penyebaran dan pencegahan, tetapi sepertinya anak-anak luput dalam hal ini. Anak-anak juga harus mendapat perlindungan memadai,” imbuh anggota Fraksi NasDem tersebut.

Lisda berharap semua lapisan masyarakat menyadari bahwa kini anak-anak menjadi kelompok yang terancam pandemi Covid 19.

Menurutnya, rencana pembukaan pembelajaran tatap muka (PTM) Juli nanti sebaiknya ditinjau kembali karena situasi masih sangat rawan.

“Ini (PTM) harus ditinjau kembali. Jika memang tidak memungkinkan dan hanya akan menambah klaster baru sebaiknya ditunda dulu. Atau kembali menggunakan sistem zonasi sesuai dengan status masing-masing daerah, tetapi harus dengan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Menurut Lisda, rencana pembukaan pembelajaran tatap muka Juli nanti sebaiknya ditinjau kembali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News