Angka Kematian Meningkat Signifikan, Puan Mengingatkan Pemerintah

Angka Kematian Meningkat Signifikan, Puan Mengingatkan Pemerintah
Ilustrasi - Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan angka kematian akibat COVID-19 di sejumlah wilayah masih meningkat signifikan.

Dia kemudian mengingatkan pemerintah berhati-hati dalam pengambilan kebijakan, termasuk langkah memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

"Meskipun sudah ada tren penurunan kasus, misalnya pada penambahan kasus dan 'positivity rate', namun di beberapa daerah indikator tersebut justru masih meningkat."

"Begitu juga angka kematian di sejumlah wilayah masih meningkat signifikan. Karena itu pemerintah harus ekstra hati-hati," ujar Puan dalam keterangannya di Jakarta, Senin (26/7).

Puan menilai PPKM level 4 dengan segala penyesuaiannya ke depan harus mampu menurunkan semua indikator laju penularan COVID-19, termasuk angka kematian saat isolasi mandiri.

Menurut dia, pemerintah daerah (pemda) tidak boleh beralasan kematian tinggi karena banyak pasien isolasi mandiri (isoman) tidak lapor.

"Justru di sana tugas aparat pemda yang dibantu masyarakat untuk terus memantau kondisi wilayahnya selama PPKM level 4 diterapkan," ucapnya.

Puan mengingatkan pentingnya pemerintah ke depan lebih responsif terhadap setiap perubahan kondisi penularan COVID-19 yang terjadi di beberapa daerah.

Angka kematian akibat COVID-19 di sejumlah wilayah meningkat signifikan, Puan mengingatkan pemerintah.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News