Angkasa Pura I Sebut 6 Bandara Siap Layani Penerbangan Haji 2022

Angkasa Pura I Sebut 6 Bandara Siap Layani Penerbangan Haji 2022
Sebanyak enam bandara di bawah PT Angkasa Pura I (Persero) siap melayani penerbangan embarkasi dan debarkasi calon jamaah haji 2022. Foto: Dokumentasi Antara/Khalis Surry

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak enam bandara di bawah PT Angkasa Pura I (Persero) siap melayani penerbangan embarkasi dan debarkasi calon jamaah haji 2022.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mendukung kesuksesan dan kelancaran penyelenggaraan embarkasi dan debarkasi haji 2022.

"Mengedepankan prinsip safety, security, services dan compliance termasuk juga pada penerapan protokol kesehatan Covid-19,” kata Faik dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Jumat (3/6).

Adapun enam bandar udara itu adalah Bandara Adi Soemarmo Solo (SOC), Bandara Juanda Surabaya (SUB), Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (UPG), Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (BPN), Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin (BDJ), dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok (LOP).

Angkasa Pura I memprediksi akan melayani hingga 46.881 calon jamaah haji selama periode haji 2022 yang berlangsung mulai 4 Juni hingga 13 Agustus 2022.

Adapun penerbangan embarkasi dan debarkasi calon jemaah haji akan dilayani oleh dua maskapai yaitu Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines.

Garuda Indonesia akan melayani embarkasi dan debarkasi haji di Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok dengan jenis pesawat yaitu Airbus A330-300 dengan kapasitas 360 penumpang & Boeing B-777 dengan kapasitas 393 penumpang.

Saudi Arabia Airlines akan melayani embarkasi dan debarkasi haji di Bandara Juanda Surabaya dengan menggunakan jenis pesawat Boeing B747-400 dengan kapasitas 450 penumpang.

Sebanyak enam bandara di bawah PT Angkasa Pura I (Persero) siap melayani penerbangan embarkasi dan debarkasi calon jamaah haji 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News