Angkat Nilai Humanis dari Karya Lukis

Angkat Nilai Humanis dari Karya Lukis
Joko Iwan menunjukkan lukisan karyanya. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, GRESIK - Joko Iwan bukan pelukis sembarangan. Semua karyanya, hanya dia fokuskan untuk menggambar yang bertema kemanusiaan. Karya fenomenalnya bercerita tentang perjalanan kehidupan manusia.

Pelukis lulusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Gresik itu mengatakan lebih suka menggambar tentang nilai humanis. Dia mencontohkan karyanya yang berjudul Demi Masa. Lukisan berukuran 5 x 1 meter itu menceritakan liku-liku kehidupan manusia.

''Sangat relevan pada masalah saat ini. Sebab, lukisan itu bercerita soal orang yang beragama, tetapi kelakuannya tidak menunjukkan sebagai manusia. Meski, pada akhirnya tujuan kehidupan akan kembali kepada Tuhan," paparnya dalam pameran Gresart III yang berlangsung di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) kemarin (27/10). 

Pada event tersebut, Joko hanya membawa satu lukisan. Dia mengatakan selama ini mengenalkan dan memasarkan lukisan lewat pameran. Hanya, akhir-akhir ini lelaki lulusan 2010 itu menjajal online. ''Kalau di-online lebih ke lukisan sketsa. Kalau sketsa, banyak peminatnya. Mulai warga Gresik, Surabaya, Jogjakarta, hingga Jakarta," ujarnya.

Sebulan, dia bisa mendapat 5-7 pesanan. ''Lukisan yang berkonsep itu masih terbilang sulit laku karena memang harganya mahal," katanya. (son/c7/dio) 

Sangat relevan pada masalah saat ini. Sebab, lukisan itu bercerita soal orang yang beragama, tetapi kelakuannya tidak menunjukkan sebagai manusia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News