Anies Baru di Level Cawapres

Anies Baru di Level Cawapres
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ambisi Anies Baswedan untuk jadi presiden tampaknya belum bisa terwujud dalam waktu dekat. Pasalnya, sejauh ini partai-partai politik baru mempertimbangkan gubernur DKI Jakarta itu sebagai calon wakil presiden saja.

Salah satu yang melirik Anies untuk diusung sebagai cawapres adalah Partai Gerindra. Malahan, belakangan ini namanya makin menguat sebagai kandidat pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2019 mendatang.

“Saya juga mendengar yang sama ya. Tapi menurut saya, kita serahkan kepada mitra koalisi,” ujar Ketua Tim Pemenangan Pilpres Gerindra Sandiaga Uno saat dikonfirmasi di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (2/7).

Menurutnya, Gerindra masih mempertimbangkan beberapa nama tokoh. Salah satunya, yakni rekan kerjanya sebagai wakil gubernur DKI Jakarta itu.

“Pak Anies (salah satunya), Pak Prabowo menyebut juga ada tentunya keinginan mitra koalisi untuk semakin mengerucutkan. Ini kita punya sekitar 30 hari lagi. Kita lihat minggu-minggu ke depan ini bagaimana konsolidasinya,” tutur dia.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Ahmad Riza Patria pun mengakui, saat ini nama Anies Baswedan menguat di internal partainya. Namun belum ada keputusan.

Menurut dia, cawapres Prabowo harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan mitra koalisi yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

“Iya betul (nama Anies menguat). Tetapi kami ini kan tidak bisa memutuskan sendiri. Harus memutuskan bersama PAN, juga bersama PKS dan partai lainnya, karena Anies kan nonpartisan," ujar Riza Patria di Gedung DPR, Jakarta. (yes/JPC)


Ambisi Anies Baswedan untuk jadi presiden tampaknya belum bisa terwujud dalam waktu dekat. Pasalnya, partai-partai hanya memandangnya sebagai cawapres saja


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News