Anies Baswedan Berencana PSBB Lagi, Pak Ganjar Langsung Teringat Nasib Warga Jateng di Jakarta

Anies Baswedan Berencana PSBB Lagi, Pak Ganjar Langsung Teringat Nasib Warga Jateng di Jakarta
Gubernur Ganjar Pranowo memberikan sambutan pada acara Peresmian PDU (Pusat Daur Ulang) Karimunjawa melalui virtual zoom. Foto: Instagram

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyiapkan sejumlah langkah antisipasi jika DKI Jakarta kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid dua.

Ganjar mengatakan, sampai saat ini pihaknya terus berkomunikasi aktif dengan Pemda DKI Jakarta dan pemerintah pusat terkait rencana itu.

"Kami komunikasi terus saat ini, dengan DKI kemarin pak Sekda sudah komunikasi, Dishub dan Dinsos juga sudah komunikasi. Kami proaktif karena kami mencoba untuk menyiapkan antisipasi-antisipasinya," kata Ganjar ditemui di rumahnya.

Komunikas aktif tersebut dilakukan agar pemda Jawa Tengah sudah siap saat pelaksanaan PSBB DKI Jakarta. Hal itu terkait nasib warga Jateng yang selama ini merantau di Jakarta.

"Kami siap-siap, apakah ada gelombang pemudik, Dishub kami minta siaga. Sudah dapat bocorannya, bahwa tidak ada surat keluar masuk, hanya checking suhu dan tidak semuanya ditutup. Meskipun ini belum putus, tapi setidaknya komunikasi awal dengan Pemda DKI Jakarta sampai sejauh ini berjalan lancar," terangnya.

Ganjar juga aktif berkomunikasi dengan pemerintah pusat termasuk dengan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Satgas COVID-19 pusat dan lainnya. Disampaikannya, dari komunikasi itu diketahui bahwa ada desain yang lebih pas yang akan disampaikan.

"Termasuk nasib warga kami yang tidak bisa pulang, apakah akan dicover Jaring Pengaman Sosial (JPS) atau tidak. DKI mengatakan akan menyiapkan dapur umum di setiap RW, silakan masuk saja dengan KTP. Informasi ini awal yang baik bagi kami," tegasnya.

Intinya, meski belum ada keputusan, Ganjar mengatakan akan terus siaga. Dia juga telah memerintahkan tim teknis untuk terus berkomunikasi aktif terkait rencana ini.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta kepastian rencana PSBB Jakarta yang akan dilakukan Anies Baswedan karena juga menyangkut nasib warga Jateng di ibu kota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News