Anies Janji Sediakan Layanan Kesehatan Mental di Puskesmas se-Indonesia

Anies Janji Sediakan Layanan Kesehatan Mental di Puskesmas se-Indonesia
Calon Presiden Anies Baswedan berdialog dengan para tenaga kesehatan dalam forum Desak Anies di Jakarta, Kamis (18/1). Foto: dok Timnas AMIN

jpnn.com, JAKARTA - Calon Presiden (Capres) RI Anies Baswedan mendorong penguatan kesehatan mental masyarakat dengan menyediakan layanan psikologi di puskesmas-puskesmas seluruh? tanah air apabila terpilih menjadi presiden RI.

"Kami berkeinginan agar fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan mental itu ada di puskesmas di seluruh Indonesia," kata Anies dalam acara Desak Anies edisi Nakes di Half Patiunus, Jakarta, Kamis (18/1).

Program ini menu?rutnya telah diterapkan saat dia menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta. Sebanyak 23 puskesmas di ibu kota me?miliki pelayanan kesehatan mental.

Dia juga membuat aplikasi untuk skrining kesehatan mental yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mendeteksi tanda-tanda awal yang memerlukan pelayanan atau bantuan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu menuturkan, program tersebut akan dilakukan secara bertahap.

"Mengerjakannya enggak bisa langsung, mungkin gradual, artinya apa, misalnya di Jakarta kemarin mulai 23 puskesmas," ucapnya.

Saat menjalankan program itu di Jakarta, Anies memilih pus?kesmas yang berdekatan guna memudahkan proses rujukan.

"Dengan gradual begitu saya rasa kita bisa menjangkau semuanya," ujarnya
.
Anies mengatakan layanan kesehatan mental itu juga bisa digunakan untuk ibu hamil yang membutuhkan konsultasi menjelang persalinan.

Capres RI Anies Baswedan menjanjikan bakal menyediakan layanan kesehatan mental di puskesmas seluruh Indonesia. Ini tujuannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News