Anies Pamer Ibadah Haji dan Diundang Kerajaan Arab, Ganjar Dinilai Lebih Elegan

Anies Pamer Ibadah Haji dan Diundang Kerajaan Arab, Ganjar Dinilai Lebih Elegan
Penceramah Islam Yusuf Mansur bersama Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di jamuan makan siang undangan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Makkah, Kamis (29/6/2023). (Antara / HO-Yusuf Mansur)

jpnn.com, JAKARTA - Dua bakal capres 2024, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sama-sama menunaikan ibadah haji pada 2023.

Keduanya juga sama-sama dijamu makan siang oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud di Makkah pada Kamis (29/6).

Namun, dari pantauan akun media sosial keduanya, hanya Anies yang beberapa kali mengunggah momen ibadah haji serta jamuan dari Kerajaan Arab Saudi.

Sementara Ganjar tidak ada mengunggah kegiatan ibadahnya selama di tanah suci.

Pengamat politik Karyono Wibowo mengatakan Anies beberapa kali mengunggah foto kegiatan bersama Kerajaan Arab Saudi tersebut. Dia menila hal itu sesuatu yang lumrah.

"Tidak ada yang salah dari yang dilakukan Anies, hanya saja terkesan pamer dan ingin mendapat pengakuan bahwa dirinya diundang Raja Salman," ujar kepada JPNN, Sabtu (1/7).

Dia menilai tindakan Anies itu sebagai upaya mendapatkan efek elektoral.

"Anies mungkin sengaja mengapitalisasi momen kebersamaaan dengan Raja Salman untuk membangun citra diri dengan harapan mendapat simpati umat muslim," ujar dia.

Anies Baswedan berulang kali mengunggah kegiatan ibadah hajinya di Arab Saudi, sementara Ganjar Pranowo tidak melakukannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News