Anies: Pemimpin Santun Belum Tentu Stabil Emosinya

Anies: Pemimpin Santun Belum Tentu Stabil Emosinya
Capres Anies Baswedan di Universitas Bina Bangsa, Serang, Banten, Kamis (21/12/2023). Foto: Timnas AMIN

jpnn.com, SERANG - Calon presiden, Anies Baswedan membagikan sebuah rahasia mengapa dirinya mampu mengontrol emosi secara baik atau stabil dalam sisi emosi.

Pasalnya, dalam berpolitik, amat penting untuk mengontrol emosi agar selalu bisa tenang dan menyampaikan sesuatu secara rasional dan lugas.

"Kita itu akan selalu merasa nyaman dan tidak nyaman, itu bagian dari perjalanan kita dan akan dirasakan kapanpun. Makin sering Anda merasa nyaman dan tidak nyaman, semakin sering Anda memiliki stabilitas emosi," kata Anies di Universitas Bina Bangsa, Serang, Banten, Kamis (21/12).

Meski sempat tersirat sebuah pernyataan bahwa sikap Anies sangat santun saat debat perdana capres sebelumnya, ia menilai bahwa itu bukan sebuah bentuk kesantunan melainkan stabilitas emosi.

"Stabil itu tercermin dalam sikap yang santun. Tapi santun belum tentu stabil. Pemimpin itu yang diperlukan bukan kesantunannya tapi stabilitasnya," tukas Anies.

"Stabilitas itu ada dalam dirinya, bukan di dalam tampilan luarnya. Sering kali kita tidak bisa membedakan ini stabil atau santun dan itu harus melewati berbagai tantangan," pungkasnya. (jpnn)

Anies Baswedan membagikan sebuah rahasia mengapa dirinya mampu mengontrol emosi secara baik atau stabil dalam sisi emosi


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News