Anies Resmikan JPO Berbentuk Kapal Pinisi, Ada Tanda Penghormatan untuk Nakes yang Gugur

Anies Resmikan JPO Berbentuk Kapal Pinisi, Ada Tanda Penghormatan untuk Nakes yang Gugur
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meresmikan JPO dan JPS berbentuk phinisi di Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (10/3). Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan jembatan tematik berbentuk pinisi di Karet Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis sore (10/3).

Jembatan ini dibagi atas dua, yakni jembatan penyeberangan orang (JPO) yang juga berfungsi sebagai jembatan penyeberangan sepeda (JPS).

Anies menjelaskan jembatan tersebut bukan baru melainkan revitalisasi yang melewati berbagai tahap.

Dimulai dari tahap perancangan sejak 2019, lalu proses eksekusi pada April hingga Desember 2021, dan peresmian pada Kamis (10/3).

Menurut Anies, revitalisasi dilakukan lantaran kondisi eksisting JPO sebelumnya telah mengalami kerusakan, pelemahan struktur, dan tampilan yang kusam sehingga tidak layak dan aman untuk digunakan.

Selain itu, di sepanjang Jalan Sudirman hingga Simpang Senayan tidak terdapat fasilitas putaran balik bagi para pengguna sepeda.

"Jembatan ini dirancang untuk bisa memfasilitasi masyarakat, termasuk pesepeda yang melintas di Jalan Jenderal Sudirman untuk bisa menyeberang. Dengan adanya jembatan penyeberangan ini, mereka yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi bisa punya akses,” ucap Anies di JPO Phinisi.

JPO atau JPS tersebut dibangun dengan konsep modern, dilengkapi anjungan bertema kapal pinisi dan galeri apresiasi yang didedikasikan untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan tenaga kesehatan (nakes) dalam menangani pandemi Covid-19.

Seperti ini megahnya JPO berbentuk kapal pinisi yang diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News