Anies Sebut Membangun Infrastruktur Tanpa Pembangunan Manusia Bisa Mubazir

Anies Sebut Membangun Infrastruktur Tanpa Pembangunan Manusia Bisa Mubazir
Capres RI oi Anies Baswedan saat kampanye di Mataram, NTB pada Selasa (19/12/2023). Foto: Timnas AMIN

jpnn.com, MATARAM - Capres RI Anies Baswedan menilai pembangunan infrastruktur tanpa diiringi peningkatan kualitas manusia sama saja mubazir.

Anies menyampaikan itu menyusul fakta yang membuktikan maraknya proyek infrastruktur di Lombok. Namun, indeks pembangunan manusianya berada di urutan ke-6 se-Indonesia.

"Pembangunan sarana prasarana itu penting, ya, perlu diteruskan, tetapi jangan melupakan kualitas manusia," kata dia dalam acara Desak Anies di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa (19/12).

"Kalau sarana prasarananya disiapkan tetapi manusianya tidak pernah dikembangkan, maka itu jadi proyek yang bisa saja mubazir," lanjut eks gubernur DKI Jakarta itu.

Dia menjelaskan pembangunan kualitas manusia itu meliputi tiga hal, yakni kesehatan, pendidikan, dan harapan hidup.

Bila ketiganya diseriusi maka sarana dan prasarana yang telah dibangun akan bermanfaat bagi masyarakat.

Itulah sebabnya Capres RI nomor urut 1 tersebut berjanji akan menjalankan proyek infrastruktur dengan berorientasi pada pembangunan manusia.

Sebab, pada intinya, pembangunan infrastruktur itu ditujukan untuk manusia, bukan sekadar demi sarana dan prasarana itu sendiri.

Capres RI 01 Anies Baswedan menyebut pembangunan infrastruktur tanpa membangun manusianya bisa mubazir. Begiin penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News