Anies Tegaskan Komitmen Indonesia soal Palestina

Anies Tegaskan Komitmen Indonesia soal Palestina
Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Indonesia wajib membantu Palestina agar merdeka dari penjajahan Israel dan sekutunya. Kewajiban itu merupakan perintah konstitusi dalam Pembukaan Undang-undang Dasar (UUD) 1945 yang mengatakan kemerdekaan adalah hak segala bangsa.

"Hari ini berkumpul begitu banyak di Monas untuk mengirimkan pesan kepada dunia bahwa Indonesia konsisten dalam membantu perjuangan rakyat Palestina," kata Anies usai salat Jumat dalam acara Aksi Solidaritas untuk Baitul Maqdis di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (11/5).

Anies mengatakan, Indonesia berhutang besar kepada Palestina karena dulunya mendukung kemerdekaan negara ini. Oleh karena itu, selain perintah konstitusi, Indonesia memiliki utang budi yang harus ditebus.

"Perjuangan kemerdekaan Palestina bukan hanya aspirasi dari umat Islam. Ini adalah amanat konstitusi yang menyatakan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa, dan oleh karena itu penjajahan di muka dunia harus dihapuskan. Dan Indonesia memiliki komitmen untuk menunaikan amanat konstitusi dan perjuangan kemanusiaan ini," kata Anies.

Anies memastikan, akan mendukung pemerintah pusat untuk memerdekakan Palestina. Meski demikian, Anies meminta rakyat terus mendorong dan terlibat aktif dalam memperjuangkan hak Palestina.

"Kami ingin kemerdekaan nanti benar-benar harus untuk Palestina sekaligus juga menunaikan dari amanat konstitusi kita. Jakarta secara khusus, kami merasa bersyukur bahwa Monumen Nasional dan lapangan ini adalah tempat berkumpulnya pertama kali, seluruh rakyat dan para pemimpin ketika kita merdeka," tandas Anies. (tan/jpnn)


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Indonesia wajib membantu Palestina agar merdeka dari penjajahan Israel dan sekutunya.


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News