Anjing Liar Keluar Hutan, Puluhan Kambing Mati Mengenaskan

Anjing Liar Keluar Hutan, Puluhan Kambing Mati Mengenaskan
Kambing milik warga yang masih selamat. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, PEMALANG - Puluhan ekor kambing di lereng Gunung Slamet, tepatnya di Desa Gunungsari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang mati mengenaskan. Kambing-kambing itu mati di kandang dengan luka di bagian leher dan tubuh.

Kepala Desa Gunungsari Teteg Winanteya mengatakan, sampai saat ini sudah ada puluhan kambing warga yang ditemukan mati. Rata-rata kandang tempat kambing yang ditemukan mati terletak jauh dari pemukiman, terutama di di lahan pertanian warga yang berdekatan dengan hutan Gunung Slamet.

Sedangkan kambing yang kandangnya berada di dekat permukiman warga tetap aman. Akhirnya, warga memindahkan kandang-kandang kambing mereka ke dekat permukiman.

Menurut Teteg, warga masih menduga-duga soal penyebab kematian kambing-kambing mereka. “Diperkirakan matinya kambing karena anjing liar," katanya seperti diberitakan laman radartegal.com.

Awalnya, kambing yang mati misterius ditemukan di Desa Kedawung. Selanjutnya, kambing-kambing di Desa Jurangmangu dan Gunungsari pun jadi korban.

Semua kambing yang mati dalam kondisi sama. Yakni ada luka di bagian leher dan darahnya disedot. Sementara bagian tubuh lainnya masih utuh.

Warga menduga anjing liar turun gunung karena kekurangan mangsa. "Kalau serigala sepertinya dari dulu di kawasan hutan enggak ada, jadi kemungkinan anjing liar," tambahnya.

Sedangkan warga bernama Risto mengatakan, kini kambing-kambing yang semula di dekat hutan sudah dipindahkan ke dekat permukiman. Warga juga aktif menggelar ronda.

Semua kambing yang mati terlihat mengalami luka di bagian lehernya. Warga menduga anjing liar mengisap darah kambing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News