ANRI-Kemensetneg Pamerkan Rekam Jejak Keberagaman Budaya Indonesia

ANRI-Kemensetneg Pamerkan Rekam Jejak Keberagaman Budaya Indonesia
ANRI. Foto: Twitter

jpnn.com, JAKARTA - Memaknai HUT ke-74 Republik Indonesia, rekam jejak keberagaman budaya dalam arsip ditampilkan dalam pameran arsip nusantara. Perhelatan ini merupakan kerja bersama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dengan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Balai Panjang, Museum Indonesia, TMII, 24 sampai 31 Agustus 2019.

"Ini suatu tema yang luar biasa, dalam rangka mengingatkan kita untuk menjaga keutuhan NKRI", tutur Plh. Direktur Penelitian, Pengembangan, dan Budaya TMII, Sigit Gunarjo, Jumat (30/8).

Lebih lanjut Sigit menambahkan bahwa pemilihan lokasi di TMII sebagai tempat pameran sangatlah tepat. Sebab, di sini banyak anjungan-anjungan daerah yang mencerminkan budaya dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

Plt. Kepala ANRI M Taufik mengatakan, melalui tema pameran ini, mengajak kepada seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama menjaga persatuan dan keberagaman Indonesia.

"Pameran arsip nusantara bisa menjadi sarana wisata edukasi mengenai sejarah perjalanan bangsa ini. Pameran ini menjadi suatu sarana edukasi dan destinasi," ungkapnya.

Dia menjelaskan, yang dipamerkan kali ini, bukan hanya berupa arsip kertas tapi juga arsip foto maupun film. Ini angat baik untuk para pengunjung, sehingga pameran ini terkesan tidak monoton tetapi penuh dengan kreasi. Dengan melihat arsip tersebut, para pengunjung akan mudah meresapi mengenai keberagaman budaya Indonesia.

Gambaran peristiwa yang terekam dalam arsip tersebut dapat menjadi sarana pembelajaran dan contoh yang baik bagi masyarakat yang ingin tahu lebih banyak mengenai keberagaman kebudayaan yang ada di Indonesia. Selain itu, dengan adanya pameran arsip ini diharapkan menjadi sumber ilmu pengetahuan, pendidikan, dan penelitian bagi dosen, guru, mahasiswa, pelajar maupun masyarakat umum. (esy/jpnn)


Memaknai HUT ke-74 Republik Indonesia, rekam jejak keberagaman budaya dalam arsip ditampilkan dalam pameran arsip nusantara.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News