Ansel Deri Luncurkan Buku ‘Yakobus Dumupa: Pemimpin Muda Papua’

Ansel Deri Luncurkan Buku ‘Yakobus Dumupa: Pemimpin Muda Papua’
Ansel Deri, Sekretaris Papua Circle Institute, lembaga yang conrcern dengan isu-isu Papua meluncurkan buku Yakobus Dumupa: Pemimpin Muda Papua di Jakarta awal tahun 2022. Foto: Dok. Ansel Deri

jpnn.com, JAKARTA - Ansel Deri, Sekretaris Papua Circle Institute, lembaga yang concern dengan isu-isu Papua meluncurkan buku Yakobus Dumupa: Pemimpin Muda Papua di Jakarta awal tahun 2022.

Buku tersebut berisi sekilas perjalanan Yakobus Dumupa, seorang figur muda Papua dari Dogiyai, wilayah adat Meepago yang meliputi juga Kabupaten Nabire, Mimika, Deiyai, Paniai, dan Intan Jaya.

“Kisah Pak Jak (Yakobus Dumupa) saya tulis sekilas dalam buku ini. Beliau saya pandang figur menarik, sosok inspiratif dari Papua, provinsi paling timur awal matahari menyapa Indonesia,” ujar Ansel Deri, penulis buku Yakobus Dumupa: Pemimpin Muda Papua dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Sabtu (1/1 2022).

Menurut Ansel, Yakobus Dumupa adalah salah seorang anak muda pemimpin masa depan. Dia adalah pemimpin masyarakat lokal. Pengalaman hidup selama tinggal di kampung, berjalan kaki selama dua hingga tiga hari dari kampung ke kampung sungguh menantang.

Namun, demi masa depan, Jak kecil rela mengikuti ayahnya, Amatus Dumupa, yang mengajar di pedalaman Dogiyai.

Orang tua Amatus mengabdikan diri sebagai guru di kampung di bawah asuhan Yayasan Pendidikan Katolik di Dogiyai.

Usai sekolah atau libur, ia juga segera berada di samping sang bunda Theodora Goo di kebun untuk membersihkan dan memungut rumput di pematang.

Pengalaman masa kecil Jak adalah kisah-kisah unik yang dialami juga banyak pemimpin muda Papua yang saat ini, di lingkup Gereja maupun masyarakat. Mereka memiliki cita-cita besar sebagaimana anak Indonesia lainnya meski masih terpenjara hutan, gunung, lembah, sungai, dan ngarai yang tak kenal kompromi.

Ansel Deri, Sekretaris Papua Circle Institute, lembaga yang concern dengan isu-isu Papua meluncurkan buku 'Yakobus Dumupa - Pemimpin Muda Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News