Ansor Kerahkan Banser untuk Bantu Amankan Umat Islam di Tolikara Beriduladha

Ansor Kerahkan Banser untuk Bantu Amankan Umat Islam di Tolikara Beriduladha
Anggota Bantuan Ansor Serbaguna (Banser) menggulung karpet untuk alas salat Iduladha di Tolikara, Papua, Kamis (24/9). Foto: Ansor for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) tak mau ketinggalan dalam mengamankan perayaan Iduladha di Tolikara, Papua, Kamis (24/9). Melalui Bantuan Ansor Serbaguna (Banser), badan otonom di bawah Nahdlatul Ulama(NU) ikut menjaga lokasi salat Iduladha di Tolikara yang pada saat Idulfitri lalu dilanda kerusuhan.

Wakil Sekretaris Jenderal GP Ansor Faisal Saimima mengatakan, ada 23 personel Banser yang dikirim ke Tolikara. Menurutnya, anggota Banser yang dikirim ke pedalaman Papua itu sudah terbiasa mengamankan gereja-gereja saat perayaan Natal di wilayah-wilayah dengan umat Nasrani minoritas.

“Ini adalah dalam rangka menjamin keberagaman di negeri ini,” kata Faisal dalam siaran persnya ke media, Kamis (24/9).

Faisal yang juga koordinator wilayah (Korwil) Banser untuk Maluku dan Papua itu menambahkan, anak buahnya sudah sampai di Tolikara sejak Rabu (23/9) sore. Selanjutnya, para personel Banser itu langsung menemui pejabat setempat dan tokoh masyarakat maupun pemuka agama. “Dan mereka menyambut teman-teman banser dengan hangat karena ini dalam rangka menjaga keberagaman," katanya.

Ia menegaskan, langkah Ansor mengirim Banser ke Tolikara bukan untuk pamer ataupun gagah-gagahan. Sebab, Banser memang sudah terbiasa mengamankan kegiatan keagamaan, termasuk bagi umat non-muslim. Misalnya, saat Natal banyak gereja di Pulau Jawa yang dijaga Banser agar umat Nasrani tenang merayakan kelahiran Isa Almasih itu.

Karenanya, kehadiran Banser di Tolikara juga demi melindungi muslim yang minoritas di sana agar tenang beribadah. “Apa yang dilakukan GP Ansor ini sekaligus sebagai ajakan bahwa di negara ini tidak ada satu daerah pun yang boleh menerapkan tirani mayoritas,” ucapnya.(ara/JPG/JPNN)
   

 


JAKARTA - Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) tak mau ketinggalan dalam mengamankan perayaan Iduladha di Tolikara, Papua, Kamis (24/9). Melalui Bantuan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News