Ansyaad: Panji Gumilang Itu Pemimpin NII KW IX

Menag SDA Persilahkan Polisi Mengusut Lebih Dalam

Ansyaad: Panji Gumilang Itu Pemimpin NII KW IX
Cegah Teroris : Menteri Agama Suyadharma Ali (kanan) dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Ansyaad Mbai (kiri), saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI, Rabu (18 Mei 2011) di Gedung DPR di Jakarta. Foto: Mustafa Ramli/Jawa Pos
JAKARTA - Tuntutan terhadap sikap tegas pemerintah menuntaskan persoalan Negara Islam Indonesia (NII) terus berkembang. Anggota Komisi VIII DPR RI dibuat tercengang, dengan pengakuan blak-blakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansyaad Mbai. Dia menyebutkan Panji Gumilang memiliki posisi utama di NII.

Kebetulan di Komisi VIII kemarin (18/5), Ansyaad duduk bersebalahan dengan Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali (SDA). Pengakuan Ansyaad tadi, melunturnya pernyataaan SDA jika ia sulit mengakitkan antara Ma"had Al Zaytun yang dipimpin Panji dengan NII.

Ansyaad mengatakan, BNPT sudah sering dikunjungi oleh menteri-menteri NII. Baik itu yang sudah lama berhenti, maupun yang masih aktif menjadi anggota NII. Dalam kunjungan tersebut, Ansyaad menerima laporan jika Panji Gumilang itu adalah ketua NII KW (Komandemen Wilayah) IX. "NII KW IX ini ya NII," tegas purnawirawan jendral polisi bintang dua itu.

Namun, Ansyaad menegaskan dirinya belum berani mengkaitkan sosok pribadi Panji dengan keberadaan Al Zaytun. Apakah Al Zaytun juga terseret di kegiatan NII? Ansyaad masih menunggu kepastian data lagi. Ini terkait dengan keterangan dari SDA setelah berkunjung ke pondok yang terletak di Indramayu itu. Setelah kunjungan itu, SDA mengatakan jika ia sulit mengkaitkan antara NII dengan Al Zaytun.

JAKARTA - Tuntutan terhadap sikap tegas pemerintah menuntaskan persoalan Negara Islam Indonesia (NII) terus berkembang. Anggota Komisi VIII DPR RI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News