Antar Sertifikat Warga, Menteri Hadi Keluar Masuk Gang di Sidoarjo

Antar Sertifikat Warga, Menteri Hadi Keluar Masuk Gang di Sidoarjo
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto turun ke rumah-rumah warga di dalam gang Desa Sedati Gede, Sidoarjo, Jawa Timur, pada Jumat (20/10/2023) untuk menyerahkan Sertifikat Hak Milik kepada masyarakat. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, SIDOARJO - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto turun ke rumah-rumah warga di dalam gang Desa Sedati Gede, Sidoarjo, Jawa Timur, pada Jumat (20/10/2023) untuk menyerahkan Sertifikat Hak Milik kepada masyarakat.

Kehadiran Menteri ATR/Kepala BPN di Kota Delta ini juga untuk memastikan proses penyertifikatan tanah berjalan lancar.

Dalam kesempatan kali tersebut, dari total 200 sertifikat, sebanyak 20 sertifikat diserahkan Menteri ATR/Kepala BPN secara door to door di Desa Sedati Gede.

Ke-200 sertifikat yang diserahkan ini merupakan hasil dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Baru saja kita serahkan Sertifikat Hak Milik sebanyak 20 sertifikat di 10 titik di Desa Sedati Gede, Kecamatan Sedati.

Dari total di Kabupaten Sidoarjo sendiri, estimasi jumlah bidang tanahnya 864 ribu dan sudah terdaftar sebanyak 708 ribu.

Jadi sudah 82 persen kurang lebih, hingga secara umum Kabupaten Sidoarjo kurang 18 persen,” ucap Menteri ATR/Kepala BPN.

Sertifikat tanah ini menjadi bentuk kepastian hukum hak atas tanah terhadap tempat tinggal milik masyarakat Desa Sedati Gede, Sidoarjo. Sertifikat juga menjadi instrumen yang bisa meminimalisir risiko terjadinya konflik pertanahan. Bukan hanya itu, sertifikat bahkan bisa menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat.

Kehadiran Menteri ATR/Kepala BPN di Kota Delta ini juga untuk memastikan proses penyertipikatan tanah berjalan lancar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News