Antisipasi Banjir, Anak Buah Heru Budi Kerja Bakti di Sungai hingga Waduk

Antisipasi Banjir, Anak Buah Heru Budi Kerja Bakti di Sungai hingga Waduk
Ilustrasi -Pemasangan drainase vertikal untuk antisipasi banjir di Jalan Intan, Cilandak, Jakarta Selatan. Foto: Dok Humas Dinas SDA

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengantisipasi banjir di musim hujan dengan memastikan sungai, waduk, setu, embung hingga saluran lokal dan tali air yang ada di lingkungan masyarakat dapat berfungsi optimal.

Hal tersebut dilakukan dengan kegiatan kerja bakti massal pada Minggu (19/11) secara serentak di lima wilayah Kota DKI Jakarta. 

Kegiatan bertema 'Bakti Kita untuk Jakarta' dilakukan dengan membersihkan saluran air, mulai dari selokan hingga kanal atau sungai.

Plt. Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Ika Agustin mengatakan peserta kegiatan diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat dari tingkat kota, kecamatan, kelurahan, RT/RW, serta seluruh pegawai pemerintah tingkat kota, kabupaten, dan petugas pelangi DKI Jakarta.

Menurut dia, kegiatan kerja bakti massal ini ditujukan untuk mengurangi potensi banjir akibat timbunan sampah dan endapan pada saluran air yang membuat sungai semakin dangkal. 

"Pemerintah menyadari bahwa salah satu alasan air meluap dari sungai adalah pendangkalan dasar sungai akibat sedimentasi endapan. Sehingga, diperlukan langkah siaga," ujar Ika dalam keterangannya, Sabtu (18/11).

Anak buah Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono itu menyebut selain menjadi momentum kerja bakti massal di seluruh Jakarta, kegiatan Bakti Kita untuk Jakarta tersebut juga diharapkan dapat membangkitkan kembali semangat gotong royong yang menjadi budaya Indonesia.

Kegiatan kerja bakti massal itu menargetkan pengangkutan lumpur dari seluruh sungai di Jakarta sebanyak 672.206 meter kubik yang dibagi menjadi 4 skala kegiatan, yaitu skala kota, skala kecamatan, skala warga, dan skala berkelanjutan.

Anak buah Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kerja bakti untuk memastikan sungai, waduk, setu, embung berfungsi optimal mengantisipasi banjir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News