Antisipasi Kecelakaan dengan Cermin Cembung

Antisipasi Kecelakaan dengan Cermin Cembung
Petugas bersiap memasang cermin cembung di lintasan. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Langkah antisipasi diambil oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya untuk meminimalkan kecelakaan di lintasan kereta api (KA).

Salah satunya, dengan memasang outdoor convex mirror atau cermin cembung di dekat lintasan KA Margorejo kemarin (3/1). Cermin tersebut akan memudahkan pengendara mengetahui kedatangan kereta dari arah belakang.

Berkaca dari kejadian sebelumnya, kecelakaan bisa disebabkan dua faktor. Baik kelalaian petugas penjaga lintasan maupun pengendara. Dengan alat tersebut, pengendara bisa melihat keadaan sekitar sebelum melewati lintasan. 

"Kalaupun petugas lalai, cermin itu bisa membuat jarak pandang ke lintasan rel lebih luas," jelas Kabid Rekayasa Lalu Lintas Dishub Irwan Andares. Dengan demikian, pengendara bisa tahu kedatangan kereta, terutama dari sorot lampu yang terpantul di cermin tersebut.

Ada dua cermin yang dipasang di lintasan Margorejo kemarin. Antara lain, sebelah selatan. Cermin itu akan berguna untuk pengendara dari arah frontage road Jalan A. Yani yang hendak menyeberang ke jalur utama. Satu cermin lagi dipasang di sebelah utara untuk pengendara dari jalur utama menuju timur.

Dua cermin itu dipasang menghadap utara sehingga pengendara bisa melihat kedatangan kereta dari arah belakang. Terutama dari pantulan sorot lampu pada cermin tersebut. "Biasanya ada yang nyetelmusik keras sehingga tidak dengar klakson kereta. Bisa lihat pantulan cahaya dari cermin itu," ungkapnya.

Dengan keberadaan cermin tersebut, Irwan meminta pengendara lebih waspada. Dia mengimbau setiap pengendara yang akan menyeberang lintasan untuk memelankan kendaraannya dan melihat ke arah cermin itu. 

Jika kondisi sudah aman, barulah pengendara melintas. "Ini juga sebagai langkah antisipasi ada kerusakan EWS (early warning system) atau kelalaian manusia," katanya. (din/c20/ady) 


Kalaupun petugas lalai, cermin itu bisa membuat jarak pandang ke lintasan rel lebih luas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News