Antisipasi Libur Akhir Tahun, Kemenkes Serukan Penggunaan Layanan Kesehatan Secara Digital

Antisipasi Libur Akhir Tahun, Kemenkes Serukan Penggunaan Layanan Kesehatan Secara Digital
Lifepack, apotek digital pertama di Indonesia. Foto dok Lifepack

jpnn.com, JAKARTA - Apotek online Lifepack & Jovee, pusat vitamin personal terlengkap kembali menghadirkan diskusi daring di live Instagram We The Health dengan mengangkat tema mengenai 'Antisipasi Libur Akhir Tahun, Persiapan Kesehatan Menyambut tahun 2021'.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Lifepack & Jovee bersama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam menjawab kekhawatiran masyarakat akan isu kesehatan, serta hal apa saja yang perlu dipersiapkan dari sisi kesehatan untuk menyambut 2021.

Sehatpedia Kementerian Kesehatan Rico Mardiansyah menjelaskan banyak hal yang perlu diantisipasi dan dipersiapkan.

“Untuk menekan angka penyebaran virus corona, untuk mengantisipasi hal tersebut pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dengan memangkas libur akhir tahun untuk mencegah adanya potensi kerumunan. Selain itu, pemerintah juga telah menerbitkan aturan kewajiban melakukan test Rapid Antigen bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan sesuai dengan daerah yang memiliki potensi penyebaran virus, di antaranya; Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Bali, Kalimantan Timur, dan DKI Jakarta," papar Rico.

Rico menambahkan, sejauh ini perkembangan kasus virus corona di Indonesia berdasarkan data memang masih terus mengalami peningkatan.

"Tentunya masyarakat harus tetap waspada untuk menekan angka tersebut dengan meningkatkan kesadaran yang tinggi agar terus mematuhi protokol kesehatan yaitu 3M, Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak," serunya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengadakan survei mengenai Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 pada periode 1-7 September 2020, ke 90.967 responden untuk mengukur kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Hasil survei tersebut menunjukan bahwa tingkat kepatuhan masyarakat dalam pencegahan virus corona sudah sangat baik. Data menunjukan bahwa 91,8% masyarakat menggunakan masker, 77,1% menggunakan hand sanitizer, dan 76,69% menghindari kerumunan.

Lifepack, apotek online pertama di Indonesia sebagai penyedia layanan obat terlengkap, yang memberikan inovasi untuk penderita penyakit kronis, turut mendukung pemerintah dalam menekan angka penyebaran virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News