Antisipasi Musim Kemarau, Maskapai ini Pakai Teknologi Modifikasi Cuaca Terbaru

Antisipasi Musim Kemarau, Maskapai ini Pakai Teknologi Modifikasi Cuaca Terbaru
Cessna C208 Caravan yang sudah dimodifikasi memakai teknologi modifikasi cuaca (TMC). Foto: Smart Aviation

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa prakiraan musim kemarau 2022 di Indonesia terjadi pada April hingga Juni, puncaknya pada Agustus.

Adapun spot yang mengalami tingkat kebakaran hutan cukup tinggi berada di Kalimantan dan Sumatera.

Oleh karena itu, teknologi modifikasi cuaca (TMC) menjadi salah satu solusi yang bisa diandalkan untuk mereduksi kerugian akibat bencana yang disebabkan faktor iklim dan cuaca.

"Teknologi modifikasi cuaca untuk memperbanyak dan mempercepat terjadinya hujan. Kami ingin berkontribusi dalam hal tersebut,” tutur Pongky Majaya, CEO Smart Aviation dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (14/5).

Saat ini, kata Pongky, Smart Cakrawala Aviation tengah mempersiapkan empat pesawat jenis Cessna C208 Caravan yang sudah dimodifikasi dan bersertifikasi oleh DGCA (Directorate General of Civil Aviation).

TMC berbasis flare merupakan teknik terkini dalam penyemaian awan (cloud seeding) yang pelepasan partikelnya bersifat hygroscopis ke dalam awan dilakukan dengan cara suar atau kembang api (flare).

Bahan semai yang bersifat hygroscopic dihantarkan ke dalam awan awan konvectif untuk merangsang pertumbuhan awan agar menjadi hujan.

TMC berbasis flare sangat praktis, cepat, dan mudah dalam operasionalnya dibandingkan dengan teknik non-flare atau metode konvensional lainnya yang menggunakan bahan tepung (powder).

Smart Aviation tengah menyiapkan teknologi modifikasi cuaca terbaru guna mengantisipasi musim kemarau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News