Antisipasi Server Mogok Lagi

Antisipasi Server Mogok Lagi
Para guru saat mengikuti Uji Kompetensi Guru tahap pertama. Foto: Dok.Arundono/JPNN
PALANGKARAYA - Para guru bersertifikat yang belum ikut Uji Kompetensi Guru (UKG) diminta untuk bersiap-siap. Pasalnya UKG tahap II akan digelar 1 Oktober nanti. Panitia berjanji bakal menekan kekacauan ujian, seperti server tiba-tiba mogok.

UKG tahap II ini tetap diselenggarakan di bawah komando Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDM-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). "Waktu semakin mepet, baiknya para guru calon peserta UKG menyiapkan diri dengan belajar," tutur Kepala BPSDM-PMP Kemendikbud Syawal Gultom setelah mengikuti rangkaian Hari Aksara Internasional (HAI) di Palangkaraya kemarin (17/9).

Syawal mengatakan, pada UKG tahap II ini panitia pusat bekerja mempersiapkan ujian dengan maksimal. Terutama soal validasi data. sampai saat ini, proses validasi ini terus berjalan. Dia berharap, proses validasi ini tuntas 25 September nanti. Setelah itu, masuk masa tenang hingga ujian berlangsung.

Menurut Syawal, persiapan matang dalam proses validasi data ini penting. Pelajaran pada kekacauan UKG tahap I lalu yang diikuti lebih dari 620 ribu guru bersertifikat, terjadi karena data kacau. "Server sempat mogok karena data yang dientri guru dengan data di server induk tidak singkron," tutunya. Selai server mogok, saat itu banyak guru yang memperoleh naskah soal berbeda dengan mata pelajaran yang diampu.

PALANGKARAYA - Para guru bersertifikat yang belum ikut Uji Kompetensi Guru (UKG) diminta untuk bersiap-siap. Pasalnya UKG tahap II akan digelar 1

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News