Antusiasme Politik Masyarakat Mengkhawatirkan

Antusiasme Politik Masyarakat Mengkhawatirkan
Antusiasme Politik Masyarakat Mengkhawatirkan
JAKARTA--Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai perlu meningkatkan sosialisasi daftar pemilih kepada masyarakat. Kepedulian masyarakat pada politik kian mengkhawatirkan, jika baru hadir saat pencoblosan.

“Salah satu masalah yang dihadapi pada Pemilu 2009 itu terkait informasi dan sosialisasi daftar pemilih,” ujar pengamat politik dari Universitas Diponegoro, Hasyim Asy"ari dalam sebuah diskusi di gedung KPU, Jakarta, Rabu (10/7).

Kondisi tersebut menurut Hasyim, seharusnya menjadi pembelajaran bagi KPU saat ini. Karena dalam audit LP3ES tersebut dinyatakan hanya 7,3 persen pemilih yang mengetahui periode pengecekan nama dalam DPS. Sementara 22,2 persen responden menyatakan tidak mengetahui apakah dirinya terdaftar atau tidak.

“Hadil audit juga menunjukkan tingkat keaktifan masyarakat untuk memeriksa daftar pemilih masih sangat rendah. Dimana 48,1 persen responden menyatakan akan memeriksa namanya. Sementara 36,6 persen mengaku tidak akan mengecek dan hanya 3,4 persen yang benar-benar mengecek namanya apakah sudah terdaftar sebagai pemilih,” katanya.

JAKARTA--Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai perlu meningkatkan sosialisasi daftar pemilih kepada masyarakat. Kepedulian masyarakat pada politik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News