Antusiasme Vaksinasi Covid-19 Tinggi, Ketua Komisi X Dukung Industri Pertunjukan Mulai Dibuka

Antusiasme Vaksinasi Covid-19 Tinggi, Ketua Komisi X Dukung Industri Pertunjukan Mulai Dibuka
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda. Foto: Humas DPR Ri

jpnn.com, JAKARTA - Tingginya antusiasme vaksinasi Covid-19 dan terus menurunnya kasus aktif Covid-19 disambut gembira banyak kalangan.

Situasi ini harus menjadi momentum bagi bangkitnya berbagai sektor industri termasuk industri seni pertunjukan.

“Kami mendukung kembali bergeraknya industri kreatif di Tanah Air seiring tingginya antusiame vaksinasi Covid-19 dan terus menurunnya kasus aktif dalam beberapa minggu terakhir. Seni pertunjukan, saya rasa layak dipertimbangkan untuk kembali dibuka secara bertahap baik itu konser musik, pertunjukan teater maupun kesenian tradisional,” ujar Ketua Komisi X Syaiful Huda, Selasa (2/3/2021).

Huda mengungkapkan hari ini tepat satu tahun pelarangan pergelaran kegiatan seni budaya karena pandemi Covid-19. Kondisi ini berdampak besar bagi para pelaku seni pertunjukan termasuk para musisi, aktor, komedian, hingga kru pertunjukan.

Mereka yang biasa mengantungkan hidup dari seni pertunjukkan kehilangan sumber mata pencaharian utamanya.

“Pelarangan pergelaran seni budaya selama pandemi berdampak sangat besar bagi para pelakunya. Tidak hanya dari sisi ekonomi, pelarangan ini juga berdampak pada penurunan daya kreativitas karena minimnya ruang ekspresi,” katanya.

Saat ini, kata Huda beberapa indikator penanganan Covid-19 menunjukkan tanda-tanda mengembirakan. Secara global hari-hari ini terjadi penurunan kasus aktif.

Pun juga di Indonesia. Upaya vaksinasi Covid-19 untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) juga disambut antusias.

Tingginya antusiasme vaksinasi Covid-19 dan penurunan kasus aktif Covid-19 harus menjadi momentum bagi bangkitnya berbagai sektor industri termasuk industri seni pertunjukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News