Apa dan Siapa di Koin Rp 500?

Apa dan Siapa di Koin Rp 500?
Tahi Bonar Simatupang, lebih familiar disebut T.B. Simatupang (depan kanan). Foto: Public Domain.

jpnn.com - TAHI Bonar Simatupang, pria yang wajahnya ada di koinan Rp 500 baru, acapkali bersiteru dengan guru sejarahnya. Perseteruan yang membawanya jadi pemikir militer. 

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network

Semua buku yang ditulisnya, T.B. Simatupang nyaris tak alfa mengisahkan lakon Meneer Haantjes, guru sejarahnya di Algemeene Middelbare School (AMS), Batavia--sekolah setara SMA yang dulu berlokasi di Salemba. 

Baca Juga:

Lelaki kelahiran Sidikalang, Sumatera Utara, 28 Januari 1920 tersebut masuk AMS pada 1937, setelah sebelumnya sekolah di HIS Pematang Siantar (lulus 1934) dan MULO Tarutung (lulus 1937). 

Masa-masa itu perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia sedang menggeliat. 

Meneer Hantjes cukup atraktif menganalisa perkembangan masyarakat Indonesia yang pada masa itu masih bernama Hindia Belanda.

Kepada para murid dia kerap menyampaikan bahwa penduduk Hindia Belanda terdiri dari bermacam suku-suku. Antara suku satu dengan suku lainnya terdepat perbedaan cukup besar. Maka, mustahil bersatu mencapai kemerdekaan.  

Simatupang bukan generasi beo, yang A kata orang, dia ikut bilang A. Guru itu didebatnya. 

TAHI Bonar Simatupang, pria yang wajahnya ada di koinan Rp 500 baru, acapkali bersiteru dengan guru sejarahnya. Perseteruan yang membawanya jadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News