Hari ini 1949

Hari ini 1949
value="Peristiwa di foto ini terjadi pada 28 Desember 1949. Ada cerita apa di balik foto ini? Simaklah kisah berikut. Foto: Repro halaman 231 buku Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia."

jpnn.com - DALAM satu malam, dua buah pesawat K.L.M. milik perusahaan Belanda dicat gambar Garuda--burung suci dalam cerita-cerita lama. Siang harinya, pihak Indonesia dan Belanda baru saja meneken persetujuan Konferensi Meja Bundar (KMB).

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network 

28 Desember 1949. Pukul 11.40 pagi, Garuda Indonesia Airways yang berumur satu hari itu, mendarat di lapangan terbang Kemayoran, Jakarta. Pesawat itu membawa Presiden Soekarno dan rombongan. 

"Yang pertamakali keluar adalah pengawal kehormatan mengiringkan Sang Merah Putih keramat yang telah dijahit kembali oleh Mutahar pada lubang-jarumnya yang asli," kenang Soekarno, dalam buku Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia.

Lalu barulah giliran Bung Karno. "Dengan hati yang memukul-mukul aku turun menuju lautan manusia," tuturnya.

Ya, hari itu berjuta-juta rakyat Jakarta tumpah ruah menyambut kedatangan Bung Karno. Rakyat bersorak-sorai. "Hidup Bung Karno!", "Hidup Bung Karno!", "Merdeka!" dan lain-lain. 

Peristiwa ini satu di antara banyak hal yang tak terlupakan oleh Bung Karno. Ia bercerita...

Kami tidak bisa melepaskan diri dari dalam benteng manusia…berjuta-juta manusia melimpahi jalanan…

DALAM satu malam, dua buah pesawat K.L.M. milik perusahaan Belanda dicat gambar Garuda--burung suci dalam cerita-cerita lama. Siang harinya, pihak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News