Apa yang Terjadi Saat Ponsel Didaur Ulang?

Apa yang Terjadi Saat Ponsel Didaur Ulang?
Beragam inovasi membuat Samsung memimpin pasar ponsel lipat. Foto dok. Samsung

Apa yang terjadi saat Anda mendaur ulang telepon genggam? Mengapa kita harus peduli soal ini?

Dengan maraknya tempat pengumpulan sampah elektronik yang bermunculan di seluruh Australia, ada alasan bagus mengapa kita harus mendaur ulang telepon yang tak lagi digunakan.

Diperkirakan 23 juta ponsel yang tidak lagi digunakan hanya berdebu, dan tidak didaur ulang.

"Sayang, di Darwin tidak banyak limbah elektronik dan barang-barang elektronik yang didaur ulang," kata Glenn Evans dari Cool Mob, perpanjangan dari badan lingkungan berkelanjutan, Environment Center Northern Teritorry.

Baru-baru ini, badan terebut mengumpulkan sebuah survei soal limbah elektronik.

Hasilnya ditemukan mayoritas responden membeli hingga tiga produk elektronik baru setiap tahun, tapi hanya sekitar setengah barang-barang tersebut yang di daur ulang secara rutin setelah tak lagi dipakai.

Menyadari termasuk orang-orang yang ada dalam demografis ini, saya kemudian membawa ponsel lama ke pusat pendaur ulang untuk mencari tahu mengapa ponsel harus di daur ulang.

Apa yang ada di dalam ponsel?

Beberapa kandungan berharga menjadikan telepon genggam milik Anda.
ABC Radio Darwin: Jesse Thompson
Setelah melepaskan sekrup-sekrup kecil, dua penutup telepon dengan mudahnya dilepas dan terlihat beberapa logam yang berkilauan serta beberapa elemen.

Dengan maraknya tempat pengumpulan sampah elektronik diperkirakan 23 juta ponsel yang tidak lagi digunakan hanya menjadi debu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News