Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Alkohol?

Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Alkohol?
Ibu hamil dan minuman alkohol. Foto: Pixabay

jpnn.com - Berapa banyak alkohol yang aman bagi wanita hamil untuk diminum? Untuk pertanyaan yang memengaruhi begitu banyak orang ini, memang masih sedikit penelitian yang telah dilakukan.

Namun, kini pakar kesehatan menemukan jawabannya. Meskipun ada kesadaran luas tentang sindrom alkohol janin yang bisa menyebabkan kerusakan otak pada bayi yang belum lahir yang ibunya minum alkohol, tidak ada yang tahu berapa banyak yang diperlukan atau apakah ada batas aman bagi wanita hamil untuk menikmati minuman alkohol sesekali.

Sebuah penelitian tentang topik tersebut menemukan jumlah yang sangat mengejutkan dari penelitian terhadap konsumsi alkohol rendah selama kehamilan, sebuah tim menulis dalam jurnal BMJ Open.

Tim tersebut melihat data ibu hamil yang telah minum alkohol empat unit per minggu dengan total 32 gram (1,1 ons) atau 40 mililiter alkohol murni yang dianggap sebagai konsumsi ringan di Inggris.

Menurut peneliti, hingga 80 persen calon ibu di Inggris, Irlandia, Selandia Baru dan Australia minum beberapa alkohol saat mereka tengah hamil.

Sebuah studi awal tahun ini di 11 negara Eropa menemukan bahwa ada sekitar 16 persen ibu hamil secara keseluruhan melaporkan minum beberapa alkohol.

Mulai dari 29 persen di Inggris, 27 persen di Rusia dan 21 persen di Swiss dan lebih dari empat persen di Norwegia.

Awal tahun ini, British Pregnancy Advisory Service, yang menawarkan bantuan kepada wanita hamil, mendesak pejabat agar tidak melebih-lebihkan risiko mengonsumsi sedikit alkohol selama kehamilan.

Penelitian baru menemukan jawaban soal ibu hamil yang mengonsumsi alkohol

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News