Apakah Virus Corona Dapat Hidup pada Peralatan Make up?

Apakah Virus Corona Dapat Hidup pada Peralatan Make up?
Ilustrasi make up wanita.

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi virus corona menimbulkan pertanyaan tentang apakah aman untuk tetap terus menggunakan peralatan yang sama setiap hari, seperti makeup, jika seseorang khawatir terkena COVID-19.

“Ini adalah pertanyaan yang bagus," kata Dr. William Schaffner, profesor kedokteran di Divisi Penyakit Menular di Universitas Vanderbilt Fakultas Kedokteran di Nashville, Tennessee, seperti dilansir laman Today, Minggu (31/5).

"Respons pertama saya adalah jangan khawatir. Saya pikir risikonya, jika ada, pasti sangat rendah,” jelas Schaffner.

Schaffner mengatakan aman bagi wanita untuk terus menggunakan produk make up mereka sendiri, namun dia menambahkan ada "catatan kecil" yang perlu diikuti.

"Ini bukan waktunya untuk berbagi lipstik, maskara, bedak," tambah Schaffner.

Faktor risiko tambahan dengan kosmetik adalah orang sering menggunakan tangan mereka untuk aplikasi make-up dan menerapkan produk di dekat mata, hidung dan mulut mereka.

Mencuci tangan sebelum merias wajah adalah salah satu praktik terbaik agar tetap aman.

Tetapi bagaimana dengan wadah plastik dan botol kaca yang yang menjadi tempat bedak bubuk, alas bedak, lipstik, dan kebutuhan kosmetik lainnya?

Pandemi virus corona menimbulkan pertanyaan tentang apakah aman untuk tetap terus menggunakan peralatan yang sama setiap hari, seperti makeup, jika seseorang khawatir terkena COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News