Apkasi: Kami Butuh Kepastian Hukum

Apkasi: Kami Butuh Kepastian Hukum
Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Isran Noor (kiri) bersama Andrinof Chaniago (Tengah) dan Wamenkumham Denny Indrayana (Kanan) saat menjadi pembicara dalam Kuliah Umum Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Depok, Selasa (31/7). Foto: Getty Images
JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Isran Noor mengatakan kepala daerah (kada) kini takut berinovasi. Meskipun memiliki hak diskresi, namun Kada lebih memilih bersifat pasif karena takut kebijakannya terjebak dengan persoalan hukum.

“Rendahnya kepastian dalam penegakan hukum sering membuat para penyelenggara pemerintah di daerah mengalami keresahan dan ketakutan untuk mengambil inisiatif dan diskresi dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah,” kata Isran pada kuliah umum di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) di Depok, Selasa (31/7).

Kegiatan bertema “Pembangunan Daerah vs Penegakan Hukum Menuju Indonesia Baru” yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Fisip UI di Gedung AJB UI juga dihadiri Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana.

Bupati Kutai Timur ini mengatakan akibat rendahnya kepastian hukum, banyak penyelenggara pemerintahan di daerah memilih diam terhadap pemenuhan kepentingan publik yang berkaitan dengan jabatannya.

JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Isran Noor mengatakan kepala daerah (kada) kini takut berinovasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News