Aplikasi ASAP Digital Nasional Polri Strategis Cegah Karhutla

Aplikasi ASAP Digital Nasional Polri Strategis Cegah Karhutla
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan keterangan saat peluncuran aplikasi ASAP Digital Nasional di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (15/9). Foto: KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus menjalin koordinasi dan kerjasama lintas kementerian dan lembaga untuk memperkuat upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Salah satunya dengan dukungan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang telah meluncurkan aplikasi ASAP Digital Nasional untuk memperkuat sistem deteksi dini indikasi kejadian karhutla secara digital untuk cakupan nasional.

Penghargaan yang tinggi dan apresiasi disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserja jajaran yang telah menggagas pembangunan aplikasi ASAP Digital Nasional.

Upaya ini menunjukkan keseriusan Polri dalam kerjasama penanggulangan karhutla di Indonesia.

“Kami berharap dengan diluncurkanya Aplikasi ASAP Digital Nasional oleh Polri akan memperkuat sistem peringatan dan deteksi dini indikasi karhutla dalam kesatuan sistem yang bekerja di tingkat lapangan sekaligus di tingkat nasional,” kata Menteri Siti dalam peluncuran aplikasi tersebut di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (15/9).

Menteri Siti menjelaskan, aplikasi ASAP Digital Nasional sangat penting dalam mempercepat respon penanganan kejadian karhutla, khususnya penegakan hukum karhutla sesuai dengan mandat Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan.

“Kami tentu berharap aplikasi ini dapat digunakan bersama-sama, dan dapat diakses oleh semua para pemangku kepentingan dalam pengendalian karhutla secara nasional,” harap Menteri Siti.

Kapolri Listyo Sigit menjelaskan, aplikasi ASAP Digital Nasional merupakan upaya integrasi seluruh kekuatan pengendalian karhutla di Indonesia untuk menjadi satu kekuatan baru yang lebih baik.

Menteri LHK Siti Nurbaya berharap dengan peluncuran aplikasi ASAP Digital Nasional memperkuat sistem peringatan dan deteksi dini indikasi karhutla.