Aplikasi Jalan Kita Permudah Masyarakat untuk Laporkan Kondisi Jalan Rusak

Aplikasi Jalan Kita Permudah Masyarakat untuk Laporkan Kondisi Jalan Rusak
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga meluncurkan aplikasi Jalan Kita 2.0. Foto: dok Kementerian PUPR

jpnn.com, BANDUNG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga meluncurkan aplikasi Jalan Kita 2.0 kepada masyarakat Kota Bandung, Jawa Barat.

Peluncuran yang digelar di Ambrogio Pattiserie, Kota Bandung, Senin (28/11) itu dihadiri oleh puluhan orang yang berasal dari komunitas sepeda motor dan perkumpulan budaya.

Penanggung jawab kegiatan aplikasi Jalan Kita, Kiki Muhammad Iqbal mengatakan aplikasi tersebut bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat pengguna jalan dalam memberikan informasi terkait kondisi jalan dan jembatan di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi mobile.

“Jadi, aplikasi Jalan Kita ini sebagai platform untuk masyarakat sebagai kanal pelaporan bagi masyarakat untuk melaporkan kondisi jalan dan jembatan nasional,” ujarnya.

Kiki menjelaskan laporan dari masyarakat melalui aplikasi itu akan diteruskan ke PPK.

PPK dapat mendelegasikan proses verifikasi laporan ke penilik. Bila didelegasikan, penilik akan merespons laporan.

PPK akan mengupdate status dan menindaklanjuti laporan, kemudian sistem memvalidasi eskalasi penangganan laporan perjenis kerusakan mulai dari penilik, koordinator lapangan, PPK, satuan kerja hingga balai secara hierarkis agar setiap laporan termonitor secara vertikal.

Masyarakat nantinya akan menerima update laporan dan dapat memberikan rating penilaian dari pekerjaan.

“Nanti masyarakat bisa melaporkan melalui aplikasi mobile android atau IOS, nanti datanya berbasis parsial, ketika masuk secara sistem akan didistribusikan ke PPK sebagai manajer penanggung jawab ruas jalan tersebut,” paparnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga meluncurkan aplikasi Jalan Kita 2.0.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News