APP Sinar Mas Gandeng Bank Sampah Digital Berdayakan 3.900 Mak-Mak

APP Sinar Mas Gandeng Bank Sampah Digital Berdayakan 3.900 Mak-Mak
Menteri LHK Siti Nurbaya saat meninjau pameran Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023. Foto: dokumentasi APP Sinar Mas

jpnn.com - JAKARTA - Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menggandeng Bank Sampah Digital untuk mengelola sampah dari masyarakat menjadi produk daur ulang bernilai tambah.

CEO Bank Sampah Digital Desty Eka Putri Sari mengatakan langkah tersebut dalam upaya mendukung program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk mengurangi sampah di masyarakat.

"Melalui kerja sama ini Bank Sampah Digital dapat menjual langsung bahan baku waste paper seperti kardus maupun kertas bekas dari masyarakat yang kami kumpulkan ke pabrik APP Sinar Mas di Serang, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) Serang," ungkap Desty Eka Putri Sari dalam keterangannya, Rabu (1/3).

Desty menambahkan saat ini telah membina lebih dari 3.900 nasabah Bank Sampah, mayoritas merupakan kalangan ibu rumah tangga yang berdomisili di kota dan Kabupaten Serang, serta Kota Cilegon Provinsi Banten.

Kerja sama dengan APP Sinar Mas, ujar Desty, baru berjalan 3 bulan. Namun, saat ini Bank Sampah Digital telah menyuplai 5 kali dengan total lebih dari 10 ton karton maupun kertas bekas ke PT IKPP Serang.

"Kami yakin dengan upaya pemberdayaan dan kolaborasi yang kuat, ke depan kami targetkan untuk menyuplai lebih dari 50 ton sampai akhir tahun 2023," terang Desty.

Menteri LHK Siti Nurbaya dalam sambutan di puncak acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 mengatakan Kementerian LHK terus melakukan upaya-upaya inovatif serta terintegrasi dari hulu ke hilir sebagai prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan melalui cara kerja ekonomi sirkular.

Selain itu, sampah menjadi sumber energi dengan mengoptimalkan seluruh rantai nilai pengelolaan sampah.

APP Sinar Mas menggandeng Bank Sampah Digital untuk memberdayakan 3.900 mak-mak dalam mengelola sampah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News