APPKSI Kaltim Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran dan Sampaikan 8 Tuntutan

APPKSI Kaltim Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran dan Sampaikan 8 Tuntutan
Paslon Capres dan Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, KUTAI KARTANEGARA - Pengurus Asosiasi Petani Plasma Kelapa Sawit Indonesia (APPKSI) wilayah Kalimantan Timur menyampaikan dukungannya kepada pasangan capres-cawapres nomor urut dua pada Pemilu 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Deklarasi dukungan dari APPKSI Kalimantan Timur tersebut dilakukan di Desa Muara Kaman, Kutai Kartanegara.

Ketua APPKSI Kalimantan Timur Hamdan mengatakan mereka juga meminta Prabowo jika terpilih sebagai presiden agar menjalankan program yang lebih berpihak pada stakeholder industri sawit terutama pada kaum petani.

"Deklarasi APPKSI atau seruan dukungan ini juga mendesak pada Prabowo agar lebih berpihak pada stakeholder industri sawit terutama pada kaum petani sawit yang selama ini banyak berkontribusi dalam industri perkebunan Kelapa sawit," kata Hamdan dalam siaran persnya, Kamis (8/2).

Hamdan menyebutkan bahwa selama ini ada beberapa faktor penyebab keragu-raguan pemerintah dalam mengakui hak atas tanah bagi para petani sawit mandiri dan plasma.

"Untuk itu kami pilih Prabowo karena dia pernah jadi ketum HKTI. Jadi, lebih memahami masalah petani dibandingkan capres lainnya," ujarnya.

Selain menyatakan dukungan, ada delapan tuntutan yang turut disampaika APPKSI dalam mendukung Prabowo, yakni:

1. Meminta agar dana pungutan ekspor CPO yang dihimpun oleh BPDPKS agar dialokasikan bagi pendidikan anak petani dalam bentuk pembangunan sarana dan prasarana pendidikan serta program beasiswa.

APPKSI Kalimantan Timur mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News