Apple Incar Perusahaan Pembuat Chip Smartphone

Apple Incar Perusahaan Pembuat Chip Smartphone
Apple Incar Perusahaan Pembuat Chip Smartphone

jpnn.com - TOKYO - Apple tengah melakukan pembicaraan intensif untuk membeli Renesas SP Drivers, perusahaan pembuat chip smartphone terkemuka asal Jepang. Langkah itu dilakukan agar raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu terlepas dari ketergantungan pada perusahaan pemasok lain seperti Samsung yang hingga kini menjadi mitra sekaligus "musuh sejati" karena dituduh telah melanggar paten.

Dikutip dari laman CNET, Rabu (2/4), produsen iPhone itu akan mengakuisisi 55 persen saham Renesas yang nilainya ditaksir mencapai USD 479 juta atau sekitar Rp 5,41 triliun. Renesas SP Drivers merupakan perusahaan patungan antara Renesas, Sharp, dan Taiwan's Powerchip.

Menurut laporan Nikkei, hampir sepertiga driver dan controller chip bagi LCD smartphone dibuat oleh Renesas. Display driver dan controller chip sangat menentukan kualitas layar smartphone termasuk juga performanya, serta kemampuannya menghemat daya baterai sebuah handset.

"Apple sepertinya tak ingin lagi tergantung pada penyuplai chip," tulis Nikkei. Dengan mengakuisisi Renesas, bukan tak mungkin pabrikan gadget yang berpusat di Cupertino, California itu jadi  pemasok chip smartphone terkemuka dunia.

Untuk mewujudkan ambisinya, Apple telah membeli perusahaan perancang semi konduktor PA Semi, termasuk juga membeli Intrinsity perusahaan desainer ARM prosesor. Hasilnya adalah prosesor 64-bit A7 yang bisa dirasakan performanya lewat iPhone 5S, iPad Air, dan iPad Mini Retina. (pra/jpnn)

 


TOKYO - Apple tengah melakukan pembicaraan intensif untuk membeli Renesas SP Drivers, perusahaan pembuat chip smartphone terkemuka asal Jepang. Langkah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News