JPNN.com

Apple Kebut Pengembangan Modem 5G Sebelum 2022

Senin, 14 Oktober 2019 – 19:44 WIB Apple Kebut Pengembangan Modem 5G Sebelum 2022 - JPNN.com
Logo Apple. Foto: Ubergizmo

jpnn.com - Setelah bekerja sama cukup lama dengan Intel sebagai pemasok modem untuk keperluan perangkat, Apple akhirnya bersiap menghadirkan modem 5G secara mandiri, ditargetkan sebelum 2022.

Hal tersebut dilakukan lantaran hanya Apple yang belum sama sekali mengembangkan perangkat 5G dibandingkan produsen smartphone lainnya. Jika Apple tidak mengambil langkah itu, bisa jadi Apple akan tertinggal.

Padahal Apple bisa saja menghadirkan perangkat dengan dukungan koneksi 5G pada iPhone terbaru lebih cepat jika mau menggunakan modem buatan Qualcomm. Sayangnya, hubungan Apple dan Qualcomm tidak sedang harmonis.

Seperti dilansir GSM Arena, Senin (14/10), karena itulah Apple memutuskan untuk melanjutkan pengembangan modem 5G buatannya sendiri. Apple bahkan sudah membuat tim riset dan pengembangan untuk modem dan chip frekuensi radio.

Sumber lain menyebutkan bahwa 2022 itu merupakan target yang diberikan oleh Apple. Meski fabrikasinya sudah selesai, masih butuh beberapa waktu untuk melalukan uji coba, juga sertifikasi. Hal itu diperlukan guna memenuhi standar global untuk sebuah modem.

Apple tampaknya ingin mengintergrasikan modem 5G pada chipsetnya dengan tujuan mengurangi konsumsi daya.

Sebagai pembanding Samsung sudah meluncurkan Exynos 980 dengan modem 5G terintegrasi pada Agustus lalu. Chipset itu diprediksi akan hadir di smartphone pada akhir tahun ini.

Di sisi lain, Huawei sudah menerapkan hal tersebut pada perangkat terbarunya yakni Huawei Mate 30 5G dan Mate 30 Pro 5G dengan chipset Kirin 990 5G terintegrasi. (mg9/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...