APPSI Dukung Penguatan DPD Secara Kelembagaan

APPSI Dukung Penguatan DPD Secara Kelembagaan
Tim Gernas menemui Syahrul Yasin Limpo, ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Se-Indonesia (APPSI) yang juga Gubernur Sulawesi Selatan. IST

jpnn.com - JPNN.com MAKASSAR - Delegasi dari Gerakan Nasional (Gernas) Amandemen ke-5 UUD 1945 melakukan langkah taktis. Dipimpin Muh Asri Anas, tim Gernas menemui Syahrul Yasin Limpo, ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Se-Indonesia (APPSI) yang juga Gubernur Sulawesi Selatan. 

Pertemuan digelar di Baruga Sangiaseri Rumah Jabatan Gubernur Sulsel Makassar, Sabtu (27/8) malam. Selain Asri, turut pula anggota DPD lainnya yang merupakan delegasi Gernas, Iqbal Parewangi (Sulsel), Anna Latuconsina (Maluku), Nurmawati Bantilan (Sulteng), Novita Anakotta (Malut), Darmayanti Lubis (Sumut) dan Syafrudin Atasoge (NTT). 

"Kami membawa formulasi dan simulasi penguatan DPD serta menawarkan apa yang diperlukan untuk penguatan DPD RI," kata Asri dalam keterangan persnya, Senin (29/8). 

Asri mengatakan pertemuan dengan Syahrul berlangsung cair. Formulasi penguatan DPD dalam amandemen UUD 1945 juga diapresiasi. 

"Pertemuan serupa juga akan dilakukan DPD dengan menemui tokoh bangsa seperti pimpinan NU dan Muhammadiyah," kata legislator asal Sulawesi Barat itu. 

Lebih jauh, Asri yang juga pimpinan Banggar MPR RI ini menegaskan bahwa dalam pertemuan dengan Syahrul, ada sejumlah catatan penting yang disampaikan.

Pertama, ada ketidakseimbangan dalam pembangunan kawasan di Indonesia dimana pertumbuhan pembangunan daerah tidak seimbang karena salah satunya faktor tidak adanya keseimbangan politik yang bagus.

Sehingga posisi DPD kelak harus hadir untuk kepentingan daerah dan oleh karena itu maka DPD RI harus memiliki kemampuan politik yang kuat untuk memperjuangkan kepentingan daerah secara maksimal.

JPNN.com MAKASSAR - Delegasi dari Gerakan Nasional (Gernas) Amandemen ke-5 UUD 1945 melakukan langkah taktis. Dipimpin Muh Asri Anas, tim Gernas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News