April, Tes CPNS

April, Tes CPNS
April, Tes CPNS
JAKARTA - Pemerintah sedang menyiapkan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk umum sebanyak 220 ribu orang. Tes itu hanya akan dilaksanakan pada April 2009. Pelaksanaan tes serentak dengan pengangkatan CPNS bagi 80 ribu sisa honorer yang masuk database Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN). Hati-hati mafia CPNS, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus ketat mengawasi..!.

“Guru honoror untuk CPNS jangan sampai ada yang ketinggalan. Kita menginventarisir seluruhnya. Tapi saya perlu tegaskan guru secara nasional adalah urusan Depdiknas (Departemen Pendidikan Nasional). Urusan saya adalah aparatur negara, ‘kan gitu. Nah, untuk guru agama urusan Menteri Agama,” papar MENPAN Taufiq Effendi di Istana Negara, Selasa (10/2).

 

Dia menegaskan, status CPNS itu harus jelas. ”Diusahakan April ini, keputusannya begitu. PP-nya (peraturan pemerintah) harus jelas. Maksudnya kalau sudah ada PP jadi jelas, PP yang khusus mengatur hal-hal diluar PP 48/2003 (aturan pengangkatan honorer berdasarkan database) itu,” cetusnya.

 

Taufiq menegaskan, pengangkatan CPNS baru untuk umum diperkirakan April 2009. “Selain April pada 2009 ini tidak ada. Nanti 2010 baru bicara lagi. Nah, untuk April 2009 ini banyak yang akan diangkat. Ya, kita mintanya sekitar 300 ribuan. Itu tersebar di seluruh departemen. Sebagian dari 300 ribuan itu, 80 ribu diantaranya adalah honorer terakhir yang masuk database. Jadi seluruh honorer yang masuk database selesai. Nanti kita mulai lagi dengan database baru, jadi dengan PP yang baru pula,” papar dia.  

 

Dasar pengangkatan ratusan ribu CPNS umum itu, terang Taufiq, merupakan permintaan pemerintah daerah dan permintaan instansi dari seluruh Indonesia. “Itu permintaan daerah dan instansi. Tentu ada pensiun juga kita lihat,” bebernya.

JAKARTA - Pemerintah sedang menyiapkan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk umum sebanyak 220 ribu orang. Tes itu hanya akan dilaksanakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News