Arahan Menpora Amali Ampuh, Timnas Basket Indonesia Cetak Sejarah Raih Emas SEA Games 2021

Arahan Menpora Amali Ampuh, Timnas Basket Indonesia Cetak Sejarah Raih Emas SEA Games 2021
Menpora Zainudin Amali memberikan motivasi kepada tim basket putra dan putri Indonesia. Foto: Kemenpora

jpnn.com, HANOI - Arahan Menpora Zainudin Amali kepada timnas basket Indonesia di ruang ganti jelang laga penentuan juara melawan Filipina pada SEA Games 2021 Hanoi membuahkan hasil.

Filipina yang selalu mendominasi cabang olahraga basket dalam pesta olahraga negara-negara se-Asia Tenggara itu pun langsung meredup. Arki Wisnu Dikania cs, sukses mengalahkan juara 13 kali itu dengan skor 85-81.

"Sebentar lagi kalian akan main. Balikkan apa yang telah kalian alami saat di Manila. Ini kesempatan untuk mencetak sejarah karena ini lawannya sama, buktikan jika kalian lebih baik dari mereka dan kembali ke Tanah Air dengan membawa medali emas, tetapi jangan stres karena itu, jangan menjadi beban, main enjoy serta tahan emosi ," ucap Menpora Amali kepada para penggawa timnas basket putra Indonesia sebelum berlaga menghadapi Filipina.

"Bisa ya, Emas," ucap Menpora Amali yang diikuti oleh teriakan bisa para pemain dan staf pelatih di ruang ganti Thanh Tri Sport Information and Culutural Center Gymnasium.

Ini merupakan pertama kalinya Indonesia meraih medali emas dari cabor basket sejak keikutsertaan pada 1977. Hasil ini sekaligus memutus dominasi Filipina yang meraih medali emas SEA Games 13 kali secara beruntun.

Menpora Amali sejatinya memang membawa keberuntungan kepada kontingen Indonesia yang akan berlaga di partai final. Kehadiran Menteri asal Partai Golkar itu ternyata menambah motivasi para atlet untuk meraih medali emas.

Seperti contoh, saat menyambangi final tenis ganda campuran pada pada Jumat (20/5/2022) lalu, pasangan Cristopher Rungkat/Aldilla Sutjiadi sukes meraih medali emas usai menekuk wakil Thailand Patcharin Cheapchandej/Pruchya Isaro.

Sebelumnya, tim Tenis Indonesia hanya mampu meraih satu medali perak dari tim beregu putra serta satu perunggu dari tim beregu putri.

Arahan Menpora Zainudin Amali kepada timnas basket Indonesia di ruang ganti jelang laga penentuan juara melawan Filipina pada SEA Games 2021 Hanoi membuahkan ha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News